DIPAKSA SINGGAH DI LOKASI SYUTING WINTER SONATA

Ketika guide mengumumkan bahwa kami akan singgah di lokasi syuting Drama “Winter Sonata”, peserta menyambutnya dengan gegap gempita, tak kalah serunya dengan supporter sepak bola. Sebenarnya acara ini diluar program, karena kami sudah menginap di Ski Resort yang lain. Tapi karena terus menerus ditanya peserta mengenai lokasi syuting ini, saking tidak tahannya akhirnya merekapun menyerah dan membawa kami kemari. Mana tahan…. kalau tiap saat dirongrong terus, apa lagi pertanyaannya aneh-aneh dan detil, sampai-sampai dimana wc nyapun ditanyakan.

Drama ini mengisahkan tentang cinta pertama yang tak terlupakan dari sepasang kekasih yang pacaran sewaktu di SMA. Tiba-tiba sang pria mengalami kecelakaan sewaktu dalam perjalanan menjumpai kekasihnya. Tinggallah sang wanita yang terus menunggu dan menunggu. Sementara sang pria mengalami amnesia (hilang ingatan) dan pindah ke Amerika. Beberapa tahun kemudian, sang pria kembali ke Korea. Bersamaan dengan itu sang wanita dengan terpaksa akan bertunangan dengan teman masa kecil yang memang sudah lama menyayanginya. Siapa sangka di hari pertunangan , sang wanita berjumpa kembali dengan cinta pertamanya yang bahkan tidak mengenali dirinya lagi. Dia jadi penasaran dan terus menyelidiki. Gagal sudah pertunangan ! Sementara sang pria juga sudah ada wanita lain yang juga menyintainya. Jadilah jalinan cinta segi empat yang rumit. Sang wanita cinta pertama berjuang keras meraih kembali cinta pertamanya, sementara dua orang cinta baru berusaha keras pula untuk memisahkan mereka. Disinilah konflik berlangsung seru ! Klimaksnya sang pria cinta pertama ingatannya pulih kembalI dan melanjutkan kisah cinta mereka yang tertunda. Nah, tempat klimaks itu terjadi, yah….,di Ski Resort ini…..

Drama ini sangat populer, selain karena ceritanya yang mengharu biru,juga dipenuhi dengan lagu-lagu yang enak didengar. Bahkan tembang lawas macam “The Dancing Queen” yang menyentak dari ABBA pun ikut andil. Tapi tokoh utamanyalah yang menjadi buah-bibir. Namanya Bae Yong Jun, seorang aktor yang melambung namanya setelah membintangi drama ini. Dia tiba-tiba menjadi idola, terutama dari para wanita mulai yang remaja sampai nenek tua. Mereka rela menonton dramanya sampai pagi tanpa berkedip bahkan kalau perlu kencingpun ditrahan. Player yang rusak karena dipergunakan terus menerus, tidak menjadi masalah, segera beli baru dan lanjut…. Ini adalah kisah nyata. Suatu ketika di Bali,sang idola sangat terkejut ketika ada fansnya menyatakan bahwa dia sampai menontonnya 8 kali! Wah, pasti BYJ akan lebih terkejut lagi bila mengetahui,setelah sekian tahun masih ada penggemar setia yang terus menontonnya. Mereka ini sudah hafal betul dengan dialog dan mimiknya. Kalau ada Ujian akhir,saya yakin mereka akan mendapatkan nilai sempurna. Cum Laude! Dia juga sangat terkenal di Jepang, terutama di kalangan wanita dewasa dan paruh baya. Gelombang Hallyu Wave ini membuat Pariwisata Korea maju pesat. Berbondong-bondong fans luar negeri datang ke Korea, salah satunya, yah… grup kami inilah. Industri hiburan ini juga sangat mempengaruhi perkembangan sektor ekonomi lainnya. Konon menjadi penyumbang devisa yang masuk tiga besar.

YONG PYONG All Seasons Resort terletak di Pyeong Chang yang disebut sebagai City of Skiing di daerah Gangwon. Pada sa’at itu mereka sedang berbenah diri sebagai kandidat Tuan Rumah Olimpiade Musim Dingin 2010 yang akhirnya dimenangkan oleh Whistler – Canada. Kebetulan saya sempat ke Whistler tahun lalu. Saya pikir-pikir dulu kenapa yah, kok Yong Pyong bisa kalah dengan Whistler ? Pada hal kompleksnya sangat luas dengan bungalow dan kondominiumnya, lengkap dengan segala fasilitas , tranportasinya baik, alamnyapun mendukung untuk orang bermain ski, karena dikitari oleh gunung, sehingga disebut sebagai yang terbaik di Korea. Tahun-tahun sebelumnya turis-turis luar diajak menginap kemari, tetapi sejak Drama Winter Sonata meledak (jangan samakan dengan ledakan tabung gas elpiji 3 kg) banyak turis lokal yang kemari, sehingga turis luar tidak kebagian.

Disinilah tempat arena ski dimana sepasang kekasih meraih cinta pertamanya kembali. Karena waktu syuting salju tidak turun, terpaksa dibuat salju buatan. Rumah kayu tempat konser musik juga disini. Dinas Pariwisata Korea ternyata cukup jeli dan tanggap dalam mengambil peluang. Mereka menyediakan satu “Café”khusus. Dimana orang dapat duduk dan minum, sambil memandang foto aktor dan artis disekelilingi dinding, tempat perapian, pernak-pernik yang digunakan, sementara sebuah TV terus-menerus menayangkan drama Winter Sonata tanpa lelah, diiringi dengan lagu-lagu yang sudah akrab di telinga penggemarnya.

Tapi itu sih urusan belakangan, karena orang-orang sibuk dengan kamera mengabadikan diri dengan suasana yang ada. Apa saja, segala yang berbau Winter Sonata. Ada yang tidak sabar mengantri, langsung pasang badan bergaya sementara orang lain sedang berfoto, tidak perduli dengan segala sumpah serapah,karena harus mengejar waktu pergi ke lokasi lain di luar café yang cukup jauh. Bagi saya, melihat kehebohan dan tingkah laku fans fanatik ini jauh lebih menarik dan unik….Dimana lagi bisa melihat hal sepert ini ?

Tak terasa waktu berkumpul sudah tiba. Kami pun bergegas kembali ke bus. wisata. Seperti biasa, orang-orang tua selalu terlebih dulu tiba, sementara yang muda-muda masih belum terpuaskan juga.
Yang pasti Titi sang guide hidupnya bisa tenang kembali, karena hasrat peserta sudah terpenuhi.

Korea Selatan – Desember 2002

Iklan

2 Tanggapan to “DIPAKSA SINGGAH DI LOKASI SYUTING WINTER SONATA”

  1. Berliana Simanungkalit Says:

    Len, saya sangat tertarik dgn tulismu yang menceritakan perjalananmu waktu cuti, dan cerita movie Winter Sonata yang bergitu indah, krn saya juga sudah nonton itu movie, ceritanya persis spt yang kamu ceritakan, thx a lot GBU.

  2. Ellen Eliawaty Says:

    Trims Ana, senang anda menyukainya. May GBU too.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: